Selamat Datang

Selamat datang di blog saya yang membahas termodinamika, mekanika fluida, dan perpindahan panas. Termofluida adalah cabang ilmu fisika yang cukup inter-disipliner yang biasanya membutuhkan matematika yang cukup rumit seperti metode numerik. Metode numerik digunakan karena persamaan-persamaan pengatur biasanya cukup sulit untuk diselesaikan secara analitik. Pada saat kita duduk di bangku sekolah, kita telah banyak belajar untuk menyelesaikan permasalahan matematika secara analitik, misalnya seperti pendeferensialan, pengintegralan atau limit suatu fungsi. Akan tetapi kasus seperti ini amatlah langka, dengan sedikit merubah persoalan maka persoalan tidak bisa lagi diselesaikan secara analitik.

Dengan pesatnya kemajuan komputer, maka dimungkinkannya perhitungan termofluida dilakukan dengan bantuan komputer. Dengan demikian simulasi yang rumit dapat diselesaikan dengan waktu singkat.

Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membutuhkan referensi. Selamat belajar.

About

Sebuah catatan kecil tentang mekanika fluida, perpindahan panas, termodinamika, dan matematika.

Termofluida merupakan istilah yang relatif baru yang mengacu kepada sains termal, yang di dalamnya terdapat beberapa disiplin ilmu terapan. Ilmu-ilmu terapan tersebut diramu menjadi sebuah penyatuan yang mampu menggambarkan sebuah sistem termal yang mencakup bidang rekayasa yang sangat luas, dari analisis pengering rambut sampai pembangkit listrik, dari chip semikonduktor sampai mesin jet.

Analisis-analisis yang digunakan berdasarkan hukum-hukum fisika yang sudah sangat mapan dan teruji, seperti hukum kekekalan energi, kekekalan massa, kekekalan momentum, hukum gas ideal atau real, hukum-hukum Newton tentang gerak, dan hukum kedua termodinamika. Pada suatu sistem yang ditinjau, hukum-hukum fisika tersebut selalu terpenuhi. Adapun persamaan-persamaan yang cukup penting seperti persamaan Naivier-Skokes merupakan persamaan yang diturunkan dari hukum Newton.

Blog ini hanya merupakan catatan kecil dan bukan merupakan ulasan yang lengkap. Untuk ulasan lengkap pembaca disarankan untuk membaca sumber yang tercantum atau dari sumber yang lain. Tujuan tulisan di blog ini hanya untuk memotivasi dan memancing keingintahuan dan mendorong penggiat ilmu termal untuk lebih mendalami ilmu tersebut.

My other site is here.