About

Sebuah catatan kecil tentang mekanika fluida, perpindahan panas, termodinamika, dan matematika.

Termofluida merupakan istilah yang relatif baru yang mengacu kepada sains termal, yang di dalamnya terdapat beberapa disiplin ilmu terapan. Ilmu-ilmu terapan tersebut diramu menjadi sebuah penyatuan yang mampu menggambarkan sebuah sistem termal yang mencakup bidang rekayasa yang sangat luas, dari analisis pengering rambut sampai pembangkit listrik, dari chip semikonduktor sampai mesin jet.

Analisis-analisis yang digunakan berdasarkan hukum-hukum fisika yang sudah sangat mapan dan teruji, seperti hukum kekekalan energi, kekekalan massa, kekekalan momentum, hukum gas ideal atau real, hukum-hukum Newton tentang gerak, dan hukum kedua termodinamika. Pada suatu sistem yang ditinjau, hukum-hukum fisika tersebut selalu terpenuhi. Adapun persamaan-persamaan yang cukup penting seperti persamaan Naivier-Skokes merupakan persamaan yang diturunkan dari hukum Newton.

Blog ini hanya merupakan catatan kecil dan bukan merupakan ulasan yang lengkap. Untuk ulasan lengkap pembaca disarankan untuk membaca sumber yang tercantum atau dari sumber yang lain. Tujuan tulisan di blog ini hanya untuk memotivasi dan memancing keingintahuan dan mendorong penggiat ilmu termal untuk lebih mendalami ilmu tersebut.

My other site is here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s