Aliran Gas Alam di dalam Pipa

Sebuah aliran gas ataupun udara (fluida kompresibel) dapat dianalisis dengan baik dengan teori aliran inkompresibel apabila kecepatan relatif fluida cukup kecil dibandingkan dengan kecepatan suara lokal (kecepatan fluida < 30% kecepatan suara lokal). Apabila kecepatan fluida cukup besar, maka teori aliran kompresibel harus digunakan. Berikut ini akan dibahas mengenai aliran suatu gas di dalam pipa dengan asumsi aliran tak mampu-mampat.

Gas alam dengan massa jenis \rho=0,0044 slug/cu-ft dan \nu=5,2 \times10^{-5} sq-ft/s, dikompresikan melalui sebuah pipa horisontal berdiameter 6 inch terbuat dari besi tuang dengan laju aliran 800 lb/jam. Jika tekanan pipa pada bagian (1) adalah 50 psia, tentukan tekanan pada bagian (2) yang terletak 8 mil ke arah hilir jika aliran diasumsikan tak mampu-mampat.

Bilangan Reynolds Re,

Faktor gesekan f,

Langkah untuk menyelesaikan persamaan di atas cukup mudah, yaitu dengan mengasumsikan sembarang nilai f kemudian masukkan nilai f tersebut di ruas kanan. Setelah itu selesaikan persamaan tersebut untuk f di ruas kiri. Lakukan beberapa kali sampai nilai f konvergen. Setelah nilai f cukup konvergen nilai ini mendekati f = 0,024787.

Kerugian tekanan,

Maka tekanan pada hilir,

Sumber soal Mekanika Fluida, Munson, terbitan Erlangga.

Blog yang lain http://www.aleronjogja.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s